Mengenal Lebih Dekat Audit dan Pentingnya Dalam Perusahaan

Mengenal Lebih Dekat Audit dan Pentingnya Dalam Perusahaan

Mengenal Lebih Dekat Audit dan Pentingnya Dalam Perusahaan – Audit ialah aktivitas peninjauan kembali beberapa data konkrit pada suatu laporan agar akurat. Data yang tercatat dalam laporan dicheck secara detail adakah yang melenceng atau telah sesuai dengan kenyataan yang ada.

Dengan begitu data yang telah diaudit akan memberikan informasi yang tepat dan dapat dipercaya. Disamping itu, beberapa data tadi dievaluasi kembali alasan terjadinya. Audit juga sering dilakukan dalam skripsi, terkadang beberapa mahasiswa mengambil bimbingan skripsi online untuk menghadapi tahapan audit.

Merilis dari Kamus Keuangan Tokopedia, umumnya audit dilakukan untuk mengecek laporan/data keuangan. Baik pada suatu perusahaan atau perorangan.

Hasil dari audit tadi dapat menjadi referensi atau pertimbangan untuk perusahaan dalam mengambil keputusan yang akan datang. Ini penting dilakukan untuk perkembangan perusahaan tersebut.

Misalkan saja pada audit terhadap neraca keuangan pabrik garmen selama satu tahun. Saat laporan tersebut diaudit, perusahaan akan mengecek aliran dana semisal apakah modal yang dikeluarkan sesuai antara realita dan yang ada pada catatan.

Jika ada catatan yang ganjil, hal tersebut akan dicheck sedetail-detailnya. Ini dilakukan karena menyangkut untung dan rugi perusahaan dalam satu tahun. Jika rupanya ada pengeluaran-pengeluaran yang kiranya dapat ditekan, akan ditekan ke depannya.

Tujuan Audit

Pada dasarnya, tujuan dilakukannya audit ialah supaya suatu perusahaan menjadi lebih baik lagi yang akan datang dan terkadang juga sering digunakan untuk Audit dan Hukum bisnis dengan kasus serupa. Disamping itu, ada pula beberapa hal yang lain menjadi tujuan dilakukannya audit yang disebut dengan asersi, yaitu:

  1. Kelengkapan
  2. Keakuratan
  3. Eksistensi
  4. Penilaian
  5. Klasifikasi
  6. Ketetapan
  7. Pisah Batas (cut off)
  8. Pengungkapan

Jenis jenis Audit

  1. Audit umum

Audit umum ialah usaha peninjauan kembali dan evaluasi yang sudah dilakukan oleh auditor independen. Pengecekan tersebut dilaksanakan berdasarkan standard professional akuntan publik dan code etiknya.

  1. Audit khusus

Audit khusus ialah pengecekan laporan keuangan dengan ruang cakup yang terbatas. Misalkan suatu perusahaan akan melakukan audit pada divisi keuangan dalam periode waktu 1 tahun akhir.

Pentingnya Audit dalam Perusahaan

Bukan hanya membuat perusahaan berjalan ke arah yang lebih baik karena evaluasi dari laporan keuangan. Audit mempunyai peranan seperti berikut.

  1. Laporan keuangan yang telah diaudit semakin lebih dipercayai keasliannya.
  2. Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) yang telah diaudit lebih dipercaya oleh instansi hukum berkaitan permasalahan pajak.
  3. Perusahaan yang sahamnya telah go public atau mempunyai asset yang setara dengan Rp25 miliar, harus menyertakan laporan keuangan yang telah diaudit ke Departemen Perdagangan dan Perindustrian.

Penutup

Demikian informasi Terkait apa itu audit. Semoga bermanfaat ya!

,