Tips Mudah Mengatasi Bateray Iphone Yang Boros

Battery iPhone semakin lama maka kemampuannya akan makin sedikit. Ini ialah hal yang lumrah. Tetapi bagaimana bila iPhone yang dipakai secara wajar mengalami battery drop dan cepat habis secara tidak wajar?

Saat sebelum memutuskan apa battery rusak atau tidak, kamu dapat mencoba untuk memperbaiki battery iPhone yang drop ini dengan beberapa cara mudah. Bisa saja ini hanya permasalahan mudah yang dapat secara mudah ditangani.

Mengatasi permasalahan ringan yang terkait dengan software dan pemakaian battery dapat kamu lakukan sendiri tanpa perlu bantuan seseorang. Hal ini sangat berguna saat sebelum memutuskan untuk mengganti battery iPhone yang drop, Berikut Cara mengatasi baterai iphone yang boros;

Kalibrasi Battery iPhone

Kamu dapat lihat battery iPhone yang drop dengan melihat tanda prosentase battery. Tetapi apakah kamu percaya dengan prosentase yang ada di layar kaca iPhone? Bisa saja battery sebenarnya masih 50% tetapi yang tampil di layar ialah 20%?

Berikut gunanya lakukan kalibrasi battery. Proses kalibrasi akan membantu software iOS untuk dapat membaca prosentase battery sebenarnya. Otomatis, dapat mengatasi battery iPhone yang drop.

Tidak boleh Gunakan iOS Beta
Salah satu pemicu mengapa iPhone cepat habis batterynya ialah karena iOS beta yang terinstal didalamnya. Sistem operasi yang Beta memang masih belum stabil dan beresiko membuat iPhone cepat panas dan boros battery.

Bila kamu memang tidak mempunyai tujuan tertentu seperti menguji aplikasi buatanmu di iOS terbaru atau mungkin tidak mempunyai iPhone lain untuk kehidupan sehari-hari, seharusnya jangan install dahulu versi Beta. Install saja versi publik yang jelas lebih stabil.

Reset iPhone

Apabila kamu pemakai iOS versi publik namun tetap saja mengalami battery iPhone yang drop dan cepat habis, kemungkinan kamu dapat mencoba untuk melakukan reset iPhone. Dengan melakukan reset iOS, iPhone akan kembali seperti baru.

Saat sebelum lakukan reset iPhone, pastikan kamu telah melakukan backup data dahulu ya supaya tidak ada data kamu yang hilang.

Restore iPhone

Jika proses reset iPhone gagal, kamu dapat mencoba untuk melakukan restore iPhone. Sama dengan reset, setelah proses restore maka iPhone akan kembali jadi seperti baru kembali.

Bedanya ialah proses restore iOS memerlukan proses unduh dan install iOS baru dari server Apple lewat software iTunes. Pastikan kamu menyiapkan akses internet dan backup data dahulu saat sebelum restore.

Matikan iPhone Sepanjang malam

Langkah ini mungkin kedengar aneh, tapi tidak ada kelirunya untuk dilakukan. Triknya dengan mematikan iPhone kamu sepanjang malam penuh. Dengan mematikan iPhone sepanjang malam dapat mengistirahatkan sel-sel battery iPhone.

Tetapi saat mematikan battery sepanjang malam, pastikan battery tidak pada keadaan lemah. Minimum battery iPhone harus ada lebih kurang 1/2 alias 50%, karena battery yang drop mungkin dapat habis walau iPhone dimatikan.

Battery iPhone Rusak?

Bila permasalahan battery iPhone yang drop belum juga terselesaikan setelah kamu mengerjakan semua tips dan panduan di atas, maka peluang battery iPhone sudah rusak dan harus diganti.

Kamu dapat mencari servis center resmi iPhone terdekat yang berada di Indonesia untuk memperbaiki battery iPhone dengan tutorial di artikel ini.

Bagaimana? Apakah kamu telah berhasil mengatasi battery iPhone yang drop? Bagi pengalamanmu di kotak kometar ya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *